Lampu jalan tenaga surya merupakan suatu benda di mana sangat penting dan juga bisa menjadi sebuah penyelamat untuk rumah yang mana sering kali ditinggal pemiliknya bepergian. Selain mudah didapatkan, lampu jalan tenaga surya kini sudah memiliki varian design dan kapasitas yang sangat bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Diantaranya terdapat kapasitas lampu PJUTS 20 watt, PJUTS 30 watt, PJUTS 40 watt, dan kapasitas lainnya. Dengan lampu tenaga surya, pemilik rumah nantinya tidak perlu lagi menyalakan lampu jalan tersebut seharian agar rumah menjadi terang selama ditinggal. Selain itu Anda juga tida perlu meminta bantuan dari tetangga untuk menyalakan lampu tersebut setiap sore. Selain tidak perlu lagi khawatir saat ditinggal, dengan adanya lampu dengan teknologi tersebut nantinya penampilan dari rumah juga akan lebih bagus dan dapat menjadi sebuah hiasan karena lampu tersebut bsa dipasang di jalan depan rumah anda. Meskipun demikian, didalam memilih lampu tersebut memang tidak bisa asal – asalan karena memang terdapat beberapa model yang mana mudah rusak sehingga nantinya bisa menimbulkan biaya tambahan untuk membeli lampu yang baru. Oleh karena itulah Anda perlu menyesuaikannya dengan lokasi atau tempat di mana Anda akan memasang lampu tersebut. Berikut ini juga terdapat beberapa tips yang bisa Anda perhatikan dalam memilih lampu jalan dengan teknologi menggunakan tenaga surya:

Pilih Lampu Jalan Anti Karat

Yang pertama adalah pilih lampu yang mana anti karat, hal tersebut karena lampu jalan tentu saja diletakkan pada area yang terbuka dan juga sangat rentan dan juga pasti terkena air hujan. Jika memang bahan ataupun tiang yang berfungsi sebagai penancap tersebut tidak anti karat, maka bisa saja lampu akan menjadi lebih cepat rusak.

Mengecek Baterai Pada Balik Panel Solar

Kemudian yang kedua adalah Anda juga perlu mengecek baterai yang terdapat pada balik panel solar tersebut. Lampu jalan tenaga surya tersebut masih jarang diminati oleh masyarakat sehingga tak heran jika baterai yang digunakan bocor karena terlalu lama dibiarkan menganggur di dalam kotak panel tersebut. Dan jika baterai tersebut bocor, maka tentu saja panel solar tidak bisa bekerja.

Melakukan Cek Pada Lampu Jalan

Lalu yang ketiga adalah untuk bisa mengetahui lampu tersebut bekerja dengan baik, maka Anda bisa memasukkan baterai ke dalam kotak untuk penyimpanan baterainya ataupun menyambungkan kabelnya dengan listrik. Jika memang lampunya menyala pada saat tertuttup dengan badan Anda, maka lampu tersebut bisa bekerja dengan baik.

Memilih Lampu Lebih Tinggi Dan Memiliki Sensor Gerak

Selain itu jika memang lokasi dari jalan Anda rentan terkena suatu banjir, maka ada baiknya jika Anda memilih lampu jalan tenaga surya yang mana lebih tinggi tiangnya. Anda bisa memilih yang tingginya mencapi minimal 1 meter. Dengan demikian akan lebih aman. Selain itu juga ada baiknya jika Anda memilih lampu yang mana hanya menyala pada saat orang melintas di depannya karena akan lebih menghemat pemakaian dari tenaga baterai karena hanya dapat menyala saat dibutuhkan saja. Bahkan lampu tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk menakut – nakuti maling yang berusaha untuk masuk ke dalam rumah.