print kainPrint kain merambah cukup cepat di kotanya. Teknologi yang semakin maju membuat semuanya semakin inovatif dan praktis. Segala bidang seakan berlomba-lomba menghasilkan penemuan yang bermanfaat bagi manusia. Indonesia juga tidak pernah ketinggalan akan semua informasi terbaru terkait dengan teknologi-teknologi. Salah satu industri yang mengikuti perkembangan zaman yaitu industri percetakan.

Kebanyakan orang mengetahui industri percetakan selalu berkaitan dengan percetakan kertas, entah kertas yang biasa dipakai sehari-hari, kertas undangan, kertas spanduk, maupun kertas brosur. Perlu Anda ketahui juga, dunia fashion saat ini sedang mengalami kemajuan sangat pesat, terutama di Indonesia sendiri. Industri percetakan mulai berkecimpung cukup besar di dalam dunia percetakan kain. Tidak hanya dalam proses produksi cetak kain, namun juga dalam inovasi produk.

Indonesia saat ini memiliki banyak jasa print kain. Jasa print kain yang sering menarik perhatian diantaranya print kain Jogja. Percetakan kain di Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan print kain di luar Negeri. Tidak diragukan lagi karena fashion Indonesia bisa bersaing dengan baik di luaran sana.

Pada saat ini yang menarik perhatian dunia mengenai fashion Indonesia yaitu batik. Batik sedari dulu sudah punya pesona sendiri di mata dunia. Terlebih batik sudah diakui oleh United Nations Educational, Scientific, and Curtural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda. Sudah seharusnya bangsa Indonesia melestarikan keberadaan batik. Tak ayal, kain batik yang unik dan menarik perhatian itu memiliki permintaan yang sangat besar.

Permintaan pasar yang sangat tinggi dan terjadinya persaingan harga dimanfaatkan dengan baik oleh industri percetakan untuk membuat batik printing atau kain bermotif batik. Jasa print kain yang paling baik memanfaatkan hal tersebut adalah daerah Jogya. Jogja termasuk kota yang memiliki banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar. Dan lagi, Jogja khas akan batiknya. Permintaan para wisatawan yang tertarik dengan batik untuk dijadikan oleh-oleh inilah yang bisa menjadi pemasukan cukup besar bagi jasa percetakan kain di sana.

Padahal batik menurut UNESCO bukanlah kain yang dicetak menyerupai motif batik. Jadi, bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan antara batik buatan tangan asli dengan batik hasil printing, berikut beberapa hal yang bisa membedakannya.

Perbedaan Harga Batik Tulis Dengan Batik Printing

Untuk batik tulis pastinya memiliki harga yang relatif mahal dibanding batik printing. Cara pengerjaannya yang sangat rumit dan membutuhkan waktu yang sangat lama itulah yang membuat harga batik tulis jauh mahal. Sedangkan untuk batik printing, tekniknya seperti pembuatan sablon.

Kualitas Kain Yang Digunakan

Kain yang digunakan untuk batik tulis bukanlah kain sembarangan, karena menggunakan kain yang 100% mengandung serat alam dan bukanlah kain yang mengandung poliester. Sebab kain poliester susah untuk menyerap warna, sehingga motif batik tidak akan muncul.

Permintaan batik printing yang meningkat tidak dapat disangkal. Karena motifnya yang mirip dengan batik aslinya dan pengerjaan yang cepat dan murahlah menjadi alasan yang kuat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor semakin banyaknya print textile Jogja.