Anda tentunya sudah tidak asing dengan chiller atau mesin pendingin, karena mesin chiller air ini menjadi komponen penting dalam berbagai alat pendingin yang ada di sekitar Anda, seperti freezer, kulkas, hingga air conditioner (AC). Chiller juga seringkali digunakan pada berbagai industri yang lebih luas seperti metal working atau pengelasan, pengolahan makanan dan minuman, sistem vakum hingga mesin MRI dan laser.

Prinsip kerja mesin pendingin (chiller)

Pada dasar nya prinsip kerja dari mesin pendingin (chiller) ini adalah menghilangkan uap cair melalui siklus pendingin kompresi atau panas. Penyerap chiller menggunakan air sebagai zat pendingin. Untuk mencapai afinitas yang kuat untuk fungsi pendinginan, alat ini bergantung pada air dan larutan litium bromide yang ada di dalamnya. Beberapa komponen utama pada chiller adalah kompresor, evaporator dan kondensor. Berfungsi baiknya komponen komponen tersebut akan berdampak pada mesin pendingin atau chiller yang lebih berkualitas.

Keuntungan chiller untuk industri

Keuntungan yang didapat dengan memanfaatkan chiller untuk mesin pendingin industri adalah kemampuannya yang akurat dalam hal mengontrol suhu. Pengontrol suhu yang akurat tentunya sangat diperlukan oleh industri untuk mengendalikan suhu sesuai yang diperlukan. Keuntungan selanjutnya yang didapat adalah kestabilan operasi pada alat. Kestabilan operasi ini tidak lepas dari peran kompresor yang merupakan bagian inti dari chiller industri. Kompresor dengan kualitas tinggi tentunya akan lebih menguntungkan, karena selain pengoperasian mesin yang stabil, keuntungan lain seperti masa pakai yang lebih lama, penghematan energi, dan suara bising yang minimal akan Anda dapatkan. Jenis chiller terbaik yang paling banyak digunakan oleh industri kuliner saat ini adalah Friulinox blast chiller, dengan teknologi blast chiller yang tentunya memudahkan dalam proses pendinginan.

Chiller juga memiliki kemampuan proteksi yang lengkap, sehingga penggunanya tidak perlu khawatir mengenai, ketidakstabilan tegangan, kelebihan arus, atau pembekuan karena alat ini dilengkapi pula dengan alarm yang dapat menjadi peringatan saat ada masalah dalam penggunaan chiller.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Selain berbagai keuntungan yang ditawarkan dengan penggunaan chiller dalam industri yang telah dipaparkan sebelumnya, tentu ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar chiller Anda tetap berfungsi dengan sempurna. Untuk memperpanjang masa pakai chiller tersebut, Anda harus melakukan perawatan dan pembersihan berkala, karena mesin pendingin tidak kebal dari efek debu atau kotoran lain. Dengan perawatan yang memadai, kualitas operasi dan efisiensi produksi akan terjamin.

Selain itu penting pula untuk mengecek tegangan dan kerja kompresor secara teratur untuk mengetahui adanya masalah. Perhatikan pula apakah chiller mengalami kebocoran. Kebocoran dapat dinilai dari parameter tekanan yang ditunjukkan. Mesin pendingin (chiller) yang normal umumnya memiliki tekanan tinggi antara  11 – 17 kg. Jadi penting untuk memperhatikan perawatan yang tepat dan rutin untuk memperpanjang masa pakai dan mempertahankan kualitas chiller digunakan dalam industri Anda.